Rumah Sakit (RS) Telogorejo merupakan rumah sakit swasta Nasional di bawah Yayasan Kesehatan Telogorejo. RS Telogorejo yang terletak di Jl. Kh Achmad Dahlan No.1, Semarang Tengah, Kota Semarang ini telah mempercayakan PT Patigeni Mitra Sejati untuk melakukan instalasi APAR (alat pemadam api ringan) sebanyak 141 unit.

Alasan Kenapa RS Telogorejo Semarang Melakukan Pengadaan APAR

Seluruh gedung apalagi yang memiliki bangunan bertingkat, tentu tidak boleh lepas dari sistem proteksi kebakaran. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa kebakaran bisa datang kapan saja dan dimana saja. Apalagi gedung tersebut beroperasi sebagai rumah sakit yang tentu saja memiliki resiko kebakaran yang cukup tinggi.

testimoni RS Telogorejo

Bpk Dysta Eka Prasetya, Safety Officer RS Telogorejo Semarang

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Dysta Eka Prasetya selaku Safety Officer di RS Telogorejo Semarang, fire protection itu sangat penting sekali. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya sertifikat layak operasi untuk rumah sakit. Sertifikat tersebut diterbitkan oleh pemerintah daerah terhadap bangunan/gedung yang sudah diperiksa dan memenuhi syarat kelayakan teknis sesuai dengan fungsinya.

Menjadi sangat penting juga karena sertifikat tersebut juga menjadi bukti bahwa bangunan dan prasarana rumah sakit RS Telogorejo Semarang sudah memenuhi persyaratan. Sehingga, siapapun yang berkunjung dan berobat di RS Telogorejo menjadi aman, nyaman, merasa terlindungi, dan tidak merasa was-was.

Proses Pemasangan 141 APAR di RS Telogorejo Semarang

Tim Patigeni mulai mengerjakan pemasangan APAR sebanyak 141 unit di RS SMC Telogorejo Semarang pada bulan Januari 2022 lalu. Merk APAR yang dipilih oleh pihak RS Telogorejo adalah APAR Firefix dengan kapasitas 3 kg media powder.

proses pemasangan APAR di RS Telogorejo

Ada beberapa tahap dalam proses pemasangan APAR di setiap bagian gedung, seperti:

  • Pemasangan wallclip untuk peletakan APAR

Pada tahap pertama, tim lapangan Patigeni melakukan pengukuran dan pemasangan wallclip di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

  • Pemasangan tabung APAR

Setelah itu, kami melakukan pemasangan komponen APAR dan meletakkan pada wallclip yang sudah terpasang.

  • Pemasangan tanda APAR dan informasi APAR

Tidak lupa, kami juga memasang tanda APAR di bagian atas head grip dan informasi tentang kegunaan APAR di samping tabung.

Setelah pengerjaan pemasangan APAR di RS Telogorejo Semarang kami selesaikan dalam waktu dua hari, kami juga memberikan sedikit pengarahan terkait dengan cara perawatan APAR yang baik dan benar. Oiya, untuk semua tabung APAR Firefix 3 Kg powder yang kami pasang sudah dilengkapi dengan QR Code Firecek. Jadi, tinggal scan saja, APAR langsung terinteregasi dengan aplikasi Firecek.

Apa itu Firecek? Jadi, Firecek merupakan aplikasi sistem proteksi kebakaran No.1 di Indonesia. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dalam aplikasi Firecek. Salah satunya adalah dapat mempermudah dalam monitoring dan melakukan inspeksi APAR.

Cari tahu lebih jauh tentang Firecek di Sini …

RS Telogorejo Semarang dipasang APAR Firefix

Kenapa Sih RS Telogorejo Pilih Jenis APAR Powder?

APAR Powder menjadi pilihan yang tepat, karena jenis alat pemadam ini bersifat serbaguna yang bisa padamkan api di hampir semua kelas kebakaran. APAR powder sangat efektif untuk padamkan api di:

  • Kelas kebakaran A (disebabkan oleh benda padat non-logam mudah terbakar)
  • Kelas kebakaran B (disebabkan oleh benda cair mudah terbakar)
  • Kelas kebakaran C (disebabkan karena terdapat masalah elektrikal/listrik)

Selain itu, APAR powder ini juga memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis APAR lainnya, seperti APAR CO2 dan Liquid Gas. Terus, gimana sih cara kerja APAR powder dalam memadamkan api? Jadi, ada dua cara media powder/serbuk kimia ini bekerja, yaitu:

  • Smothering. Melakukan isolasi atau menyelimuti benda yang terbakar, agar menutup celah-celah oksigen di benda tersebut. Sehingga, tidak akan ada lagi pasokan oksigen dan api bisa cepat padam.
  • Starvation. Melakukan penguraian atau memisahkan antara benda yang terbakar dengan unsur lain (oksigen maupun sumber panas)

Testimoni Hasil Pekerjaan dan APAR Firefix dari RS Telogorejo Semarang

Kemudian, perwakilan dari RS Telogorejo Semarang, Bapak Dysta Eka Prasetya selaku safety officer di rumah sakit tersebut juga memberikan testimoni terhadap produk dan layanan dari Patigeni. Anda bisa cek video testimoninya di bawah ini.

Bagaimana, apakah Anda sudah memasang alat atau sistem proteksi kebakaran di perusahaan Anda? Selain memberikan keamanan dan kenyamanan penghuni gedung, pengadaan alat/sistem proteksi kebakaran juga sudah menjadi kewajiban bagi pengelola/pemilik gedung, lho!

APAR firefix di RS Telogorejo

Regulasi Sistem Keselamatan pada Sebuah Bangunan/Gedung dari Bahaya Kebakaran

Di bawah ini kami akan jabarkan beberapa regulasi di Indonesia yang mengatur fungsi proteksi kebakaran kebakaran pada bangunan maupun gedung bertingkat.

  1. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. [Cek di Sini]
  2. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 26/PRT/M/2008 tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. [Cek di Sini]
  3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20/PRT/M/2009 tentang Pedoman Teknis Manajemen Proteksi Kebakaran di Perkotaan. [Cek di Sini]
  4. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. [Cek di Sini]
  5. Peraturan Menteri Nomor 27/PRT/M/2018 tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung. [Cek di Sini]
  6. Keputusan Menteri Negara Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 10/KPTS/2000 Tentang Ketentuan Teknis Pengamanan Terhadap Bahaya Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. [Cek di SIni]
  7. Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor KEP.186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja. [Cek di Sini]

Patigeni pasang APAR di RS Telogorejo

Yuk, Proteksi Aset Perusahaan Anda dengan APAR Firefix

Upaya RS Telogorejo Semarang untuk melakukan pengadaan sistem proteksi kebakaran sejak dini merupakan keputusan yang sangat bijak. Kenapa? Karena musibah itu kita semua tidak ada yang tahu, seperti contohnya adalah kebakaran.

Anda tidak mau kan, perusahaan Anda dilanda kebakaran karena tidak adanya sistem proteksi kebakaran? Maka dari itu, pasanglah alat atau sistem pemadam kebakaran secepat mungkin. Jangan sampai kemunculan api kecil yang sebenarnya bisa dipadamkan malah menjadi membesar dan terjadi kebakaran hebat.

Hal tersebut tentu akan mengakibatkan perusahaan mendapatkan kerugian yang sangat besar. Selain itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan recovery bangunan dan waktunya pun tidak sebentar. Apalagi jika gedung yang terbakar adalah bangunan rumah sakit dan di dalamnya terdapat ratusan atau bahkan ribuan pasien maupun pengunjung.

RS Telogorejo pasang apar firefix

Ingin Pasang Sistem Proteksi/Alat Pemadam Kebakaran Seperti RS Telogorejo? Percayakan pada Patigeni

Nah, jika Anda ingin memulai melakukan pengadaan atau pemasangan alat pemadam api seperti yang dilakukan oleh RS Telogorejo Semarang, bisa konsultasikan kepada ahlinya, yaitu PT Patigeni Mitra Sejati.

Kami merupakan konsultan, distributor, dan kontraktor sistem proteksi kebakaran terpercaya dan berpengalaman. Sudah banyak proyek yang telah kami kerjakan, mulai dari pengadaan APAR, fire hydrant system, fire alarm system, dan fire suppression system.

alat pemadam api firefix

Jika Anda beli APAR di Patigeni, akan kami berikan merk APAR terbaik dari kami, yaitu APAR Firefix maupun APAR GuardALL. Selain itu, Patigeni menyediakan berbagai jenis media dan kapasitas APAR. Jadi, nanti bisa konsultasikan saja kepada kami dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Keuntungan pakai APAR Firefix dari Patigeni seperti yang dipakai RS Telogorejo adalah sebagai berikut:

  • Kami berikan garansi hingga 5 tahun, khusus APAR Powder, CO2, dan Liquid Gas Firefix.
  • Tersertifikasi Damkar Indonesia dengan nomor sertifikasi Firefix: LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.
  • APAR dari kami juga sudah terkoneksi dengan aplikasi Firecek, berfungsi untuk notifikasi expired, dan inspeksi APAR,

Tunggu apalagi? Yuk, segera pasang sistem proteksi kebakaran Anda seperti RS Telogorejo Semarang. Hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran menarik dari Patigeni.