Rabu tanggal 13 April 2022 telah terjadi kebakaran hebat di Tunjungan Plaza Surabaya, tepatnya pada jam 17:30 WIB.

Melansir dari beberapa media berita, kebakaran tersebut mengerahkan setidaknya 24 unit mobil DAMKAR sertai 15 tangki air untuk memadamkan api.

Fakta Lapangan Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya “Walikota Ikut Berjibaku”

Kebakaran tersebut disinyalir dari korsleting listrik dekat shaft playground lantai 4 Tunjungan Plaza Surabaya, di mana tempat tersebut banyak barang berbahan dasar plastik sehingga api bisa cepat menyebar. Lebih jelasnya bisa tonton video di bawah ini:

Menurut berita yang ada, saat kebakaran terjadi terdengar Alarm Bell berbunyi samar-samar, serta adanya Fire Sprinkler yang pecah.

Plastik sendiri merupakan jenis bahan yang termasuk ke dalam pemicu kebakaran jenis golongan A yang bisa dengan mudah membuat api menjalar dengan cepat ketika ada banyak barang berbahan plastik.

Untuk memadamkannya biasanya menggunakan APAR jenis Foam dan Dry Chemical Powder yang cara kerjanya adalah menyelimuti area terbakar, sehingga bisa padam dengan baik.

Kelas kebakaran sendiri terdiri atas 4 jenis. Yang pertama ada kelas kebakaran A dengan pemicu kebakaran ialah barang-barang mudah terbakar seperti plastik, kayu, kain, dan sebagainya.

Kemudian ada kelas B dengan bahan pemicunya adalah zat cair yang mudah terbakar. Seperti contohnya bensin, tiner, gas LPG dan LNG, serta beberapa bahan kimia cair mudah terbakar lainnya.

Setelah itu ada jenis kebakaran kelas C yang sering dipicu oleh instalasi listrik. Biasanya sering terjadi di beberapa ruangan yang mempunyai alat elektronik dengan jumlah yang tidak sedikit.

Dan yang terakhir ada kelas kebakaran D, dimana pemicu jenis ini adalah logam yang mudah terbakar. Contohnya natrium, kalium dan sebagainya.

Karena kejadian tersebut Walikota Surabaya juga ikut turun menginvestigasi titik sumber api yang menyebabkan kejadian kebakaran Tunjungan Plaza yang ada di Surabaya.  Aksi pemadaman api baru selesai sekitar pukul 21:40 WIB.

Solusi Tepat Pemadaman Kebakaran Api Tunjungan Plaza di Surabaya

Dari pembahasan tadi kita bisa menyimpulkan bahwa kejadian kebakaran bisa terjadi kapan saja dengan volume api yang sangat besar.

Perlu adanya sistem proteksi yang optimal untuk melakukan tindakan preventif agar kejadian kebakaran seperti di Tunjung Plaza Surabaya tidak terjadi.

Di mana jika aset/bangunan yang dimiliki jenisnya seperti Mall Tunjungan Plaza yang ada di Surabaya, Anda wajib menggunakan beberapa sistem proteksi seperti Instalasi Fire Sprinkler, Fire Alarm, Fire Hydrant, dan terakhir ada APAR yang terpasang di titik yang rawan akan kebakaran.

Lengkapi Instalasi Fire Sprinkler

Ambil contoh  kasus tadi dimana disinyalir titik kebakaran berasal dari shaft playground yang ada di lantai 4. Di tempat tersebut Anda bisa tempatkan Fire Sprinkler dengan menggunakan jenis horizontal sidewall untuk menjadi sistem proteksinya.

Jenis sprinkler sidwall untuk proteksi kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya

Sistem ini dirancang khusus menggabungkan antara Fire Alarm sebagai tanda adanya kejadian kebakaran ditambah dengan tindakan pemadaman api secara otomatis untuk memberikan kenyamanan kepada orang-orang yang ada di dalam gedung.

Nantinya detektor akan mendeteksi sumber terjadinya kebakaran kemudian mengirim sinyal kepada panel untuk melakukan tindakan pemadaman api.  Setelah itu media pemadam api yang berupa air akan keluar melalui head sprinkler secara otomatis.

Untuk kasus Mall tersebut sistem proteksi ini bisa dipasang ke semua area yang ada di Mall yang mempunyai resiko kebakaran tinggi, contohnya seperti di Food Court, area pertokoan, Toko Buku, dan sebagainya.

Fire Hydrant untuk Proteksi Aset

Kemudian ada Fire Hydrant yang bisa digunakan untuk memproteksi aset Anda. Fire Hydrant ini berguna untuk memadamkan api yang cukup besar dan sudah tidak bisa dipadamkan oleh alat pemadam api ringan (APAR).

Komponen instalasi Hydrant untuk Proteksi aset Mall Tunjungan Plaza Surabaya

Hydrant sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni ada hydrant yang diperuntukkan untuk area dalam gedung, dan area luar gedung.

Keduanya dilengkapi dengan Hydrant Box, hanya saja jenis hydrant luar gedung terdapat  hydrant pillar sebagai komponen output penyambung antara water tank dengan komponen hydrant seperti selang, nozzle dan sebagainya.

Nah jika kasusnya seperti kebakaran Tunjungan Plaza, kamu bisa menggunakan jenis Hydrant dalam gedung. Jenis ini sudah dilengkapi dengan saluran output media pemadam api dalam Hydrant Box berupa valve yang bisa dioperasikan secara manual oleh manusia saat kebakaran terjadi.

Mengingat kebakaran terjadi di dalam gedung LT 4 Playground, dimana banyak benda plastik mudah terbakar serta dapat menyebabkan api membesar.

Oleh karena itu sangat penting bagi orang-orang yang ada disekitar gedung untuk mengetahui serta menguasai cara penggunaan Fire Hydrant yang benar seperti apa.

APAR Sebagai Proteksi Titik-titik Rawan Kebakaran

Lalu ada APAR yang harus ada sebagai sistem proteksi aset. Tujuannya tidak beda jauh dengan jenis sistem proteksi sebelumnya.

Ada 4 jenis APAR yang bisa kamu manfaatkan, seperti Foam, Powder, CO2, dan Liquid Gas. Nah jika kasusnya seperti kebakaran Tunjungan Plaza tadi kamu bisa menggunakan APAR jenis Powder ataupun Foam sebagai pencegahan pertama.

Perlindungan untuk Mall Tunjungan Plaza Surabaya menggunakan APAR

Namun jika untuk ruangan khusus seperti area genset, kamu bisa menggunakan APAR jenis Liquid Gas. Mengingat di area tersebut terdapat beberapa mesin dengan bahan bakar mudah terbakar.

Untuk penempatan APAR harus sesuai dengan standar dari NFPA, yaitu setiap jarak 15 meter harus ada APAR. Gunanya agar orang-orang di dalam ruangan atau gedung bisa memanfaatkan APAR untuk pertolongan pertama pada kebakaran.

Cara Kerja Fire Alarm

Anda juga perlu menggunakan sistem proteksi lain sebagai pelengkapnya, yakni dengan menggunakan Fire Alarm. Kita sangat tahu betul bahwa dengan adanya Fire Alarm orang-orang di sekitar gedung bisa tahu bahwa ada kejadian kebakaran.

Sehingga pengevakuasian bisa cepat dilakukan dan korban jiwa bisa terminimalisir dengan baik. Untuk penempatannya sendiri harus disesuaikan dengan standar.

Seperti misalnya alarm bell ditempatkan dengan cara disebarkan ke berbagai sudut gedung/Mall. Sehingga orang-orang di dalam gedung/Mall tersebut bisa mendengar dengan jelas serta dapat melakukan pengevakuasian lebih dini untuk menimilalisir korban jiwa .

Fire alarm system untuk pemadam kebakaran Tunjung Plaza Surabaya

Nah setelah Anda memasang beberapa sistem proteksi tadi, Anda wajib melakukan maintenance seperti pengecekan sistem proteksi secara rutin agar sistem bisa bekerja dengan baik.

Jadi ketika ada kejadian kebakaran muncul pertama kali, baik Fire Alarm maupun sistem Fire System bisa berfungsi dengan baik.

Pengecekan Rutin Sistem Proteksi Aset yang Tepat

Untuk Fire Sprinkler sendiri masa pengecekannya sebanyak 4 kali dalam setahun dengan melakukan pengecekan sesuai pedoman NFPA.

Anda juga harus melakukan pengecekan rutin pada Fire Alarm, dimana cara pengecekannya harus di cek secara rutin tiap 1 tahun sekali.

Cara pengecekan Fire Alarm untuk Tunjung Plaza Surabaya

Sebenarnya banyak aspek yang perlu Anda perhatikan selain dari sisi sistem proteksi. Tapi dari sisi kesiapan penanganan kebakaran juga perlu, utamanya dalam proses pengevakuasian.

Untuk menunjang hal tersebut Anda bisa melakukan mengadakan Basic Fire Training yang diawasi langsung oleh tenaga ahli seperti PT Patigeni Mitra Sejati.

Sehingga orang-orang yang ada di dalam gedung bisa melakukan pertolongan pertama pada aset sebelum tim DAMKAR sampai di TKP, serta bisa lebih minimalisir kerugian yang dialami dan korban jiwanya.

Atau Jika Anda ingin lebih tahu tentang jenis sistem proteksi lain untuk aset/bangunan yang dimiliki bisa konsultasi langsung dengan kami, GRATIS.