Dalam rangka melindungi aset-aset berharga, pabrik rokok Jaleca Kudus mempercayakan instalasi fire hydrant dan alarm kepada PT Patigeni Mitra Sejati. Bergerak di bidang produksi rokok, artinya PT Jaleca memang harus cermat dalam memberikan perlindungan terhadap aset yang mereka punya. Hal ini mengingat bahwa pabrik rokok memiliki risiko kebakaran yang cukup tinggi.

Sebagai perusahaan yang terus berkembang, PT Jaleca tentu menyadari akan pentingnya melindungi aset-aset berharga yang mereka punya. Pabrik rokok Jaleca Kudus telah membuat keputusan yang tepat dengan membangun instalasi fire hydrant dan alarm yang berfungsi sebagai sistem proteksi kebakaran, sehingga aset-aset mereka terlindungi.

Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus oleh PT Patigeni Mitra Sejati

Untuk melindungi aset-aset berharga di sebuah perusahaan, ada banyak jenis sistem proteksi kebakaran yang bisa digunakan. Fire hydrant dan fire alarm menjadi pilihan bagi pabrik rokok Jaleca Kudus sebagai sistem proteksi kebakaran untuk melindungi aset-aset berharga milik perusahaan.

Instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus merupakan sebuah investasi besar yang membutuhkan banyak biaya. Untuk itu, instalasi sistem proteksi kebakaran tersebut harus menggunakan jasa tim ahli yang profesional, seperti PT Patigeni Mitra Sejati. Instalasi juga harus menggunakan produk-produk yang sesuai standar. Berikut adalah komponen-komponen dalam instalasi fire hydrant dan fire alarm di pabrik rokok Jaleca Kudus.

Fire Pump

Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus

Instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus menggunakan tiga jenis pompa hydrant, yaitu diesel pump, jockey pump, dan electric pump. Jockey fire pump menggunakan produk dari merk Grundfos. Sementara itu, diesel pump dan electric pump menggunakan produk EBARA. Kedua merek tersebut sudah berstandar NFPA, sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Spesifikasi fire pump yang digunakan PT Jaleca adalah sebagai berikut:

  • Jockey Fire Pump
    Merk : Grundfos CR 10 – 14
    Capacity : 50 US GPM
    Head : 100 meter
    Power : 5,5 KW/3x380V/2 Poles/50 Hz
  • Electrical Fire Pump
    Merk : EBARA type 100 x 65 FSK 555
    Capacity : 500 GPM
    Total Head : 96 meter
    Power : 55 kW/3Ph/2 Pole/50 Hz
  • Diesel Fire Pump
    Merk : EBARA type 100 x 65 FSK
    Capacity : 500 GPM
    Total Head : 96 meter
    Power : FAWDE 4DX21-81GG2/54KW/2900 RPM

Fire Hydrant

Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus Standar NFPA

 

Instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus terdiri dari Hydrant Equipments Outdoor yang berada di luar gedung dan Hydrant Equipments Indoor yang ada di setiap lantai gedung. Komponen instalasi fire hydrant pabrik rokok Jaleca Kudus menggunakan produk dari GuardALL yang berstandar NFPA dan telah bersertifikat UL FM.

Fire Sprinkler

Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus Standar NFPA

Gedung PT Jaleca juga dilengkapi dengan fire sprinkler system. Instalasi fire sprinkler di pabrik rokok Jaleca Kudus menggunakan Head Sprinkler Upright 68 °C Viking 0,5″ 12986FB VK100. Alat proteksi kebakaran ini merupakan sistem penyiraman air otomatis ketika komponen sensor berupa air raksa mendeteksi suhu panas.

Ketika terjadi kebakaran, temperatur udara dalam ruangan tersebut akan meningkat. Saat temperatur ruangan mencapai 68 °C, komponen glass bulb yang berisi air raksa akan pecah. Pada kondisi ini, fire sprinkler akan langsung mengeluarkan air pada area yang diinstalasi.

Fire Alarm

Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus Sertifikasi UL FM

Sistem proteksi kebakaran di PT Jaleca juga dilengkapi dengan fire alarm system dari Hooseki dengan instalasi semi addressable. Instalasi fire alarm terdiri atas peralatan utama berupa Master Control Panel Addressable dan Annunciator Panel Addressable dari brand Hooseki.

Peralatan instalasi office di lantai dasar PT Jaleca menggunakan conventional detector yang menggunakan produk dari brand Hooseki. Komponen dalam conventional detector tersebut antara lain:

  • Photoelectric Smoke Detector HS WT 30 L Hooseki
  • Rate of Rise Heat Detector HS-WS19L Hooseki
  • Manual Call Point with base HS-FP1 Hooseki

Selain itu, instalasi fire alarm di PT Jaleca juga menggunakan Output Audible Visual yang juga berasal dari brand Hooseki. Komponen pada Output Audible Visual antara lain:

  • Alarm Bell HS-FB6 Hooseki
  • Indicator Lamp LED HS-FL3 Hooseki

Commissioning Test Instalasi Fire Hydrant dan Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus

commissioning test fire hydrant

Commissioning test fire hydrant dan alarm telah dilakukan di PT Jaleca pada hari Rabu, 8 Juni 2022. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah akhir dari serangkaian proses instalasi hydrant dan alarm yang telah dilaksanakan oleh PT Patigeni Mitra Sejati.

Setelah proses instalasi hydrant dan alarm selesai dilakukan di sebuah gedung, commissioning test fire hydrant dan alarm memang wajib dilakukan. Kegiatan ini  bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh komponen dalam sistem fire hydrant dan alarm tersebut telah memenuhi peraturan (rule), kode (code), regulasi (regulation), dan standar (standard) yang telah ditetapkan antara pelaksana kerja dan klien.

Commissioning test dilakukan oleh teknisi ahli dari PT Patigeni Mitra Sejati dengan disaksikan langsung oleh perwakilan pihak PT Jaleca. Kegiatan ini dilakukan dengan menguji kinerja dari komponen instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus.

Commissioning Test Fire Hydrant Pabrik Rokok Jaleca Kudus

Commissioning test fire hydrant

Commissioning test fire hydrant dilakukan dengan menguji komponen hydrant indoor dan hydrant outdoor. Mulai dari pompa hydrant, panel control, hydrant pillar, dan siamese connection, dll. Untuk pengujian hydrant outdoor dilakukan di luar gedung pabrik rokok Jalece. Sementara itu, pengujian hydrant indoor dilakukan di lantai 4 gedung PT Jaleca. Pengujian memberikan hasil yang baik karena semua komponen hydrant dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Commissioning test fire sprinkler

Commissioning test juga dilakukan dengan melakukan pengujian output air pada sprinkler. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memicu pecahnya air raksa melalui pemanasan menggunakan api. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, komponen sprinkler yang diuji dapat berfungsi dengan baik karena langsung mengeluarkan air setelah terkena api beberapa detik.

Commissioning Test Fire Alarm Pabrik Rokok Jaleca Kudus

Commissioning test fire alarm

Fire alarm bekerja dengan mengeluarkan sinyal berupa suara alarm serta indikator lampu menyala jika detector menemukan tanda kebakaran berupa api, asap, gas, dan panas. Commissioning test fire alarm di pabrik rokok Jaleca Kudus dilakukan dengan menguji kinerja komponen smoke detector dan heat detector pada lantai 1 – 4.

  • Smoke Detector

Uji smoke detector bertujuan untuk mengetahui sensitivitas sensor terhadap variabel yang diidentifikasi sebagai tanda bahaya, yaitu asap. Cara pengujian dilakukan dengan memberikan asap buatan menggunakan smoke checker. Setelah terkena asap selama beberapa detik, alarm langsung berbunyi. Hal ini menunjukkan bahwa komponen smoke detector dan alarm dapat berfungsi dengan baik.

  • Heat Detector

Hal yang sama juga dilakukan terhadap komponen heat detector yang bekerja dengan mendeteksi panas. Saat heat detector mendeteksi adanya panas, maka langsung mengirimkan sinyal ke alarm, sehingga alarm akan langsung berbunyi. Adanya bunyi alarm menunjukkan bahwa komponen heat detector pada instalasi fire alarm di pabrik rokok Jaleca Kudus juga dapat bekerja dengan baik.

WELMO, Aplikasi Monitoring Water Level Hydrant No 1 di Dunia

aplikasi monitoring water level hydrant

Untuk mempermudah pengecekan air pada reservoir, Instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus telah terintegrasi dengan aplikasi monitoring water level hydrant nomor 1 di dunia, yaitu WELMO. Aplikasi WELMO dari GuardALL ini akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi para pengguna.

Keuntungan dan kemudahan menggunakan WELMO diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih mudah memeriksa ketersediaan air di reservoir
  • Sensitifitas sensor sangat responsif
  • Bisa lebih cepat mengambil tindakan saat terjadi kebocoran
  • Ternotifikasi pada smartphone jika terjadi kebocoran
  • Data tersimpan dengan aman dengan kapasitas penyimpanan yang luas
  • Fleksibel untuk mengatur jadwal pengecekan level ketersediaan air di reservoir
  • Keamanan data pengguna aplikasi WELMO sangat terjamin

aplikasi WELMO

Dengan WELMO, Anda bisa lebih mudah untuk mendeteksi kebocoran reservoir atau ground tank lebih dini. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika level air di ground tank menurun. Pompa hydrant yang aktif juga akan memunculkan notifikasi di smartphone. Jika terjadi kebocoran hydrant, maka Anda bisa lebih cepat untuk mengambil tindakan.

Berdasarkan seluruh rangkaian kegiatan commissioning test yang telah dilakukan, instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus telah memenuhi syarat sistem proteksi kebakaran yang siap untuk digunakan. Artinya, gedung dan aset berharga di dalamnya akan terlindungi dengan maksimal selama 24 jam.

Ingin melindungi gedung dan aset berharga Anda seperti instalasi fire hydrant dan alarm pabrik rokok Jaleca Kudus? Pastikan Anda memilih kontraktor fire hydrant dan alarm yang berpengalaman. Percayakan instalasi sistem proteksi kebakaran Anda kepada PT Patigeni Mitra Sejati. Untuk konsultasi terkait kebutuhan sistem pemadam kebakaran yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kontak kami.